Selasa, 02 Oktober 2012

Ku Awali Oktober dengan Virus "Telat"

Hari ini tepatnya 02 Oktober 2012 adalah hari yang bener-bener luar biasa buat gue. Kenapa? Karena hari ini merupakan salah satu hari dari setiap hari dimana gue bisa ngeliat kasih Tuhan yang bener-bener luar biasa buat gue. Bukan cuma itu, gue juga dapet pelajaran berharga dari apa yang gue laluin hari ini. Mmm… Bentar-bentar… Tepatnya kombinasi antara malam kemaren sama pagi hari ini.


Gue bingung mau mulai darimana. Wokeyyy mulai dari kemaren sore aja ya. Jadi kemaren sore itu gue diingatkan akan salah satu test dari salah satu mata kuliah yang namanya TEYL (Teaching English to Young Learners) yang bakalan gue kerjain pagi hari ini. Bingung? Coba dicerna dulu kata-kata gue. Oleh karena itu, gue sebagai mahasiswi yang baik haruslah mempersiapkan segala sesuatu buat ngehasilin hasil yang maksimal di test besok. Caranya? Ya belajar. Tapi kemaren sore ada latihan gitar. Mulainya jam 5 sore terus selesai jam 6 sore. Waktu itu gue agak galau, bingung dan gundah gulana antara mau berangkat ato enggak. Tapi buat gue latihan gitar di gereja itu ibaratkan obat hati akibat tugas-tugas kuliah yang kadang bisa bikin seseorang labil dan berhubung gue suka music, makanya gue gak mau ketinggalan latihan gitar meskipun kadang gue juga terpaksa harus bolos latihan kalo keadaan emang bener-bener gak memungkinkan. Makanya gue mutusin buat belajar setelah pulang latihan gitar. Tapi sebenernya sebelum latihan gitar, gue udah baca setengah bagian dari salah satu bab yang bakalan diuji besok [kenyataannya: ada dua bab yang bakalan diujikan besok].

Latihan gitarpun selesai. Sesampainya di rumah, semangat belajar bener-bener dahsyat dan luar biasa takarannya. Tapi entah kenapa, beberapa menit kemudian, ketika gue mau buka buku buat nglanjutin belajar, mata gue rasanya berat banget buat dibuka. Kepala juga cenat-cenut serasa mau keluar isinya. Akhirnya, gue ambil strategi buat mecahin masalah ini, dan strategi itu adalah BoKer [Bobok Keren]. Gue mutusin buat tidur biar otak gue bisa istirahat sejenak. Menurut gue, hal ini akan jauh lebih baik daripada gue harus maksain otak gue buat kerja tapi gak ada yang masuk sama sekali. Gue pun bilang ke nyokap, “Ma aku tidur dulu ya. Ntar bangunin jam 10 buat belajar soalnya besok test.” Dan nyokap pun menyetujui hal tersebut.

Beberapa jam kemudian, gue dibangunin sama nyokap, tapi gue mutusin buat tiduran lagi sebentar. Dan jeng jeng… Pas gue bangun, jam menunjukkan pukul setengah 11 malem. Gue pun mutusin buat bangun meskipun sebenernya masih gak rela buat bangun. Tapi semua itu harus dilakukan demi kesuksesan dalam test. Waktu gue bangun tidur, keluarga gue udah pada tidur semua. Jadi gentian gue yang jaga rumah sembari belajar. Di tengah pekatnya langit malam dan diiringi suara kendaraan yang melaju lewat di depan rumah gue, gue mulai melanjutkan baca setengah halaman dari satu bab yang gue pelajarin sebelum berangkat latihan gitar. Bab dengan judul “Teaching Emergent Second Language Speakers” pun berhasil gue lalap. Bahasanya masih standard dan masih bisa dicerna dengan akal pikiran gue yang kadang loadingnya lemot. Gue mbatin, “Asssiiiikkk… Satu bab kelar. Tinggal satu.” 

Setelah itu gue mulai membuka bab kedua yang bakal diujiankan besok. Judulnya adalah “Bilingual and Trilingual Acquisition”. Gue mulai mencerna setiap kalimat yang tertulis di bab itu. Dan 3… 2… 1… Gue sama sekali gak mudeng apa yang dimaksud. Gue mencoba mencerna dan mencari apa inti dari bab itu, tapi kagak nemu-nemu. Akhirnya gue mutusin buat ngafalin term-term yang bakalan keluar di test besok meskipun sebenernya cara ini bakalan nguras tenaga dan pikiran. Jarum jam terus berputar dalam sarangnya. Gue pun mutusin buat nyalain TV biar otak gue bisa fresh sejenak. Gue pun kembali nglanjutin belajar sampe jam 3 pagi. Okay kira-kira kemaren gue dapet 4 jam-an lebih buat nguasain materi itu. Kokokkan ayam mengisyaratkan gue buat tidur kala itu. Sebelum tidur, gue pesen lagi sama nyokap, “Ma ntar bangunin jam 5 ya. Mau belajar lagi soalnya ini gak masuk-masuk. Besok test jam 7 lagi.” Gue pun kembali melanjutkan BoKer [Bobok Keren] gue.

Tik tok tik tok…. Jarum jam terus berlari kejar-kejaran satu sama lain dan jeng jeng… waktu pun menunjukkan pukul 6 lebih dan nyaris setengah 7… Gue bangun dan gak kaget waktu gue tau itu udah jam 6 lewat alias nyaris setengah 7 karena sebenernya pas jam 5 nyokap udah nge-bangunin gue, tapi mata gue gak bisa diajak kompromi makanya gue mutusin buat tidur lagi. Okay, waktu bangun, gue langsung lari ngambil handuk dan menuju kamar mandi buat mandi. Gue dengan setengah sadar berusaha ngejar waktu karena itu udah kesiangan banget. Byar byur byar byur… Gue pun selesai mandi dan waktu menunjukkan pukul 7 kurang seperempat. Gue mbatin, “Sial. Kali ini gue bener-bener bakalan telat banget.” Gue pun bergegas berangkat dan ketika itu jam menunjukkan pukul 7 kurang 10 menit.

Usaha gue di test 1
Gue lari dan berusaha mencari kendaraan yang bisa nganter gue ke kampus dalam waktu sekejap. Helikopter helikopter… Ahh gak masuk akal. Gue nyoba buat nyari kendaraan yang masuk akal dan bisa nganter gue dalam waktu sekejap. Dannn… Sepeda Motor lah jawabnnya. Gue mbatin, “Ojek ojek… Gue butuh tukang ojek.” Dengan langkah seribu, gue pun nyamperin pangkalan ojek deket rumah. Tapi pas gue sampe disana ternyata ehhh ternyata gak ada tukang ojek yang nangkring. Gue mencoba meminta bantuan kepada bapak-bapak yang lagi duduk disana buat nyari tukang ojek. Dan untunglah… Akhirnya gue dapet… Jam menunjukkan pukul 7 kurang 5 waktu gue start dari Bawen. Gue pun menyuruh sang bapak buat ngebut ala Valentino Rossi. Si bapak pun ngebut dengan mahirnya. Truk-truk besar pun dilalui. Di tengah perjalanan, gue ngirim sms ke Meykke sama Ningrum buat ngabarin gue kalo udah masuk. Dan ketika gue sampe di Blotongan, si Ningrum ngabarin ke gue kalo udah masuk… “Mampus gue,” gue mbatin. Pikiran gue udah kalang kabut waktu gue dapet kabar kalo test udah dimulai. Dan FYI aja neh ya… Test itu ada dua puluh soal dan dikerjakan dalam waktu 10 menit doang… Gue mbatin lagi, “Waduhh kalo sekarang testnya udah dimulai, masih bisa masuk dan ikut test gak ya? Kan cuma 10 menit doang.” Pikiran jahat pun muncul dalam otak gue, “Ahh mbolos we yak’e ya. Gak usah ikut quiz.” Tapi waktu pikiran itu muncul, gue diingatkan akan hasil test pertama gue di matkul yang sama. Well, di test pertama gue, gue cuma dapet 65 doang [Nyesek banget waktu nerima hasil test pertama ini soalnya gue udah berusaha sekuat tenaga dan gak lupa berdoa buat dapet hasil yang baik sampe-sampe bikin brainstorming soal materi waktu itu… Tapi tetep bersyukur… :D]. Dan kalo gue mbolos, itu berarti gue gak akan dapet nilai buat test kedua gue. Kan sayang bangett… Oleh karena itu, gue mutusin buat nekat masuk kelas dulu. Perihal diomelin dosen ato enggaknya, pikir belakangan.

Gue pun kembali meminta sama bapak ojeknya buat lebih ngebut lagi. Dan sang bapak pun menambah kecepatannya. Sesampainya di depan kampus, gue menyerahkan uang 20 ribu kepada sang bapak dan kemudian gue langsung berlari seraya mengucapkan terima kasih kepada sang bapak. Gak ada satu detik, sang bapak pun berteriak manggil gue “Mbakk… Kembaliannya mbak.” Gue njawab, “Kembalian ambil aja Pak. Makasih ya Pak.” Buat gue kala itu satu detik lebih berharga daripada uang kembalian. Kan sayang banget kalo gue gak bisa ikut test. Udah ngorbanin waktu juga. Gue kembali berlari sekuat tenaga dan mencoba memberanikan diri buat masuk kelas. Slogan Manchester City “Superbia In Proelio”  jadi motto hidup gue waktu itu. #jauhhubungannya :D

Dengan napas terbata-bata, gue berlari menuju gedung F dan menapaki jalur tangga buat menuju ruang F 302. Sesampainya di depan pintu F 302, keringat bercucuran dan tangan gemeter ini pun mulai mengetuk pintu. Pas gue mbuka, gue bilang “sorry” dan sang dosen pun menyambut dengan senyum ramah banget ke gue. Gue pun disuruh duduk di bangku depan yang masih kosong buat ngerjain test. Gue kaget dengan response sang dosen. Gue masih gak percaya seraya membatin, “Ini bener nih. Aku gak disuruh keluar?? Puji Tuhan. Bu dosen bener-bener baek bangetttt.” Gak cuma itu, ternyata waktu testnya diperpanjang jadi 30 menit. Asssikkkk… Puji Tuhan banget… Gue diselamatkan di test kedua kali ini. Gue pun mulai membaca soal yang diberikan sang dosen. Ada dua bagian dimana setiap bagian memiliki sepuluh nomor. Gue pun mulai membaca bagian pertama. Tik tok tik tok… Gak ada waktu lima menit, gue berhasil menyelesaikan soal di bagian pertama. Saatnya melaju ke 10 soal bagian kedua. Di bagian kedua ini, gue agak galau buat milih jawaban karena soal-soal dibagian kedua ini banyak diambil dari materi yang kedua yang kemaren malem susah banget buat gue pelajarin. Tapi dengan sekuat tenaga, gue berusaha buat nyelesain soal-soal itu. Dan soal itu pun berhasil ditaklukkan meskipun gue gak yakin akan jawabannya… Hahahha…

Loe sekarang pasti bertanya-tanya dalam hati soal postingan gue kali ini, “So What?” Mmmm… Banyak hal yang gue pelajarin dari semua kejadian ini:

Pertama, kalo mau berangkat ke suatu acara atau apapun itu jangan mepet. Well, untuk pelajaran yang satu ini sebenernya gue udah dapet daru dulu-dulu sebelum kejadian ini terjadi. Tapi ya itulah lemahnya gue. Gue itu bertanggung-jawab.. Yakinnn… Tapi kalo soal disiplin waktu, itu masih menjadi salah satu hal yang gue gumulkan sampe sekarang. Susah banget ngilangin virus “telat” dari diri gue. Hehehe… Tapu gue yakin gak cuma gue doang yang ngalamin virus “telat” begini. Anak-anak muda pasti sering ngalamin penyakit yang gue alamin. Hahaha… Makanya hai kaum muda… Janganlah berputus asa. Marilah kita berusaha sekuat tenaga untuk sembuh dari penyakit yang satu ini dan bertobat semenjak dini…!!! ^^

Kedua, selalu libatkan Tuhan. Kalo gue boleh jujur nih ya… Pagi ini gue bener-bener udah dosa banget. Kenapa? Karena gue lupa berdoa waktu bangun tidur. Gue juga gak SaTe pagi ini. Gue lupa berdoa juga dari rumah waktu berangkat ngampus,… Ahhhh parahhhhh… Guru macam apa gue??? Kalo Saat Teduh masih bisa malem ntar dilakuin, tapi kalo berdoa bangun tidur pagi hari sama berangkat ngampus kan gak bisa ditunda. Hadehhh makanya sepulang ngampus langsung pengakuan dosa gue dihadapan Tuhan… Satu hal yang lain adalah Tuhan gak pernah ninggalin gue meskipun gue udah lupa tadi buat berdoa dan SaTe. Contoh kecilnya tadi, gue masih bisa ikut test dan dikasih banyak waktu buat ngerjain test dari biasanya… Gak cuma itu, gue juga diberikan penerangan waktu ngerjain ujian tadi. Makasih banget Tuhan… Maka dari itu selalu libatkanlah Tuhan dalam segala perkara yang kita lakuin. Sok rohani banget ya gue? Emang mungkin kedengarannya gue sok rohani. Tapi beneran lho ini… Loe mungkin pernah ngalamin apa yang gue alamin hanya aja kadang loe gak sadar akan semuanya itu.

Sekian aja postingan gue kali ini… Semoga bermanfaat… JBU ^^

2 komentar:

  1. aish vi, because the main problem of yours is you time management. you don't have to wake up all the night to learn something or study. I learned one chapter, I slept, I woke up at 4.30, continued studying. and also, I study at a bus going to campus, and now I smile brightly. :D ahahaha..secara kemarin TEYL cuma dapet 50, sekarang....cuma salah 1 :D alhamdulillaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah

    BalasHapus
  2. bapak Ojeknya Naik YAmaha MX yak??? hahahahahaha

    BalasHapus