Selasa, 18 Juni 2013

S****** DIBALIK LAYAR

Hmmm… Udah lama banget ya gue gak nyorat-nyoret tembok blog gue. Yaaa gimana ya?? Sebagai fosil (sebutan untuk mahasiswa/i tingkat atas), gue mulai disibukkan oleh segudang aktivitas yang terkadang bisa merampas waktu tidur gue. :D Ya bukan salah aktivitasnya juga sih, tapi emang salah gue nya yang kagak pinter bagi waktu. #pengakuan dosa


Okeeeehhhh kagak usah basa-basi. Hari ini gue pengen banget nulis sebuah tulisan yang buat gue sangat perlu buat ditulis. *krik krik krik* Apakah ituuu?? Jengggg jengggg… Pada mau tau kan?? Pasti mau lah.. Harus mau pokoknya. #maksa :D

Seperti yang gue bilang tadi di awal. Gue itu mahasiswi tingkat atas alias tingkat akhir alias mahasiswi yang seharusnya lulus dan meraih gelar SARJANA dari universitas. Nahhh untuk meraih kelulusan itu, gue harus melakukan sebuah ritual yang pada umumnya dilakukan sama mahasiswa/i lainnya.  Tapi loe gak perlu khawatir, deg-degan, panik apalagi jantungan buat tau soal ritual apa yang gue jalanin. #lebay Gue kagak mandi kembang tujuh rupa. Gue kagak semedi di kober (read: kuburan). Gue kagak cari pacar. Gue kagak ngerebut pacar orang. Ehhh bentar-bentar ini out of topic.  

Oke jadi ritual yang gue lakuin adalahhhhh (efek suara tepuk tangan, petasan, bom meledak, petir nyamber pohon kelapa) MENULIS SKRIPSI #gubrak  -__-“ Nahhh buat loe pada yang udah jadi mahasiswa/i pasti pada kenal sama yang namanya SKRIPSI. Apalagi buat loe pada yang udah jadi mahasiswa/i tingkat atas. Nah buat adek-adek angkatan atopun yang masih sekolah, ntar siap-siap kenalan aja yeee.. *senyum jahat* 

SKRIPSI itu adalah sesuatu yang sangat sulit untuk ditaklukkan. Apalagi buat loe-loe pada yang kagak doyan baca, beuuhhh siap-siap aja dah ngerasain kenikmatannya. :D Kalo loe kuliah, loe mau gak mau, suka gak suka, pada umumnya bakalan diharuskan membina suatu hubungan kisah kasih dengan SKRIPSI. Dan FYI aja neh ya, naklukkin SKRIPSI itu butuh perjuangan berat. Lebih susah dari naklukkin gebetan loe dah. Yakiiinnn… :D Tapi tenang aja, buat loe pada yang selalu takut akan Tuhan, sering berdoa, punya pengharapan besar, punya semangat gede, punya usaha gede, doyan begadang, rajin ke perpus, suka menabung, dan tidak sombong pasti bakalan bisa menaklukkan SKRIPSI itu. Trust me!! :D

Sebagai fosil, gue udah menjalin hubungan mesra dengan yang namanya SKRIPSI. Hmm, kalo di fakultas gue nama beken SKRIPSI itu adalah THESIS. Nah, seperti yang gue bilang tadi, perjuangan naklukkin SKRIPSI itu gede banget cuyy. Loe harus siap buat sakit hati, sedih, galau, gundah gulana tiap malem, apalagi kalo loe sendirian alias kagak punya seseorang yang bisa buat nyandar. Tapi gak papa yang penting loe ada tembok lah buat sandaran. Hahaha 

Semester 8 ini buat gue adalah semester yang bisa dibilang LUAR BIASA *ngikutin gaya murid-murid Sekolah Minggu*. Why? Hmm, jadi semester 8 ini sebenernya gue ambil mata kuliah dikit. Asliii dikit banget. Cuma 4 matkul doang. Tapi 14 SKS. Kenapa bisa gitu? Karena gue harus ambil SKRIPSI/THESIS dengan bobot 6 sks, PPL dengan bobot 4 sks, plus 2 elective dengan masing-masing punya bobot 2 sks. Nah sebenernya kagak berat sih. Soalnya skripsi itu kan gak ada kelas, cuma konsultasi doang. Tapi yang agak bikin berat itu adalah PPLnya. Hmm. Sebenernya gue itu harus PPL waktu semester 7 kemaren. Tapi, karena gue telat 1 mata kuliah jadi gue kagak bisa PPL. Alhasil, gue harus ngambil PPL barengan sama SKRIPSI di semester 8 ini.

Nahhh waktu itu beberapa tetua di fakultas gue pada bilang kalo ngambil skripsi bebarengan sama PPL itu bakalan susah banget. Waktu kita bakalan tersita buat nyiapin PPLnya. Oleh karena itu, gue bakalan punya waktu yang duiikiiiittt banget buat kencan sama skripsi. Lebih parahnya, gue bisa-bisa kagak punya waktu sama sekali buat main hati sama skripsi gue. Hmm denger wejangan-wejangan kayak gitu, asliii bikin gue takut dan sempet ragu buat ngambil dua matkul itu secara bersamaan. Tapi gue beruntung banget karena punya keluarga dan sahabat-sahabat yang kagak pernah bosen buat nge-support gue ngadepin dua monster itu. Mereka selalu bilang, “kalo niat pasti bisa Vi”. Nahhh makanya gue terus nekat dan tetep maju pantang mundur sebelum berperang. 

DANNNN…. Gue pun memulai semua peperangan itu di semester 8. Emang sihh kagak bisa dipungkiri kalo gue GALAU abiss semester 8 ini. Tiap malem harus ngorbanin waktu tidur yang banyak buangettt. Gak cuma itu,  kadang gue juga lupa makan… LUPA MANDI… hahahah… Pokoknya kagak karuan banget lahh. Tapi, you can see now… Gue bisa membuktikan bahwa gue bisa ngelewatin semua itu secara bersamaan. Bahkan di semester terakhir ini, gue juga masih ikut satu kepanitiaan. Tapi itu semua bukan jadi hambatan buat gue. Gue bisa nyelesain skripsi gue dan juga PPL gue plus matkul lain dan kepanitiaan itu secara bersamaan cuyyy… Eitttzzzz… Tapi itu semua bukan karena usaha gue doang. Semua karena Tuhan dan dukungan orang-orang yang ada di sekitar gue.
 
Oleh karena itu, gue mau ngucapin terima kasih secara jelas buat pihak-pihak yang terlibat dalam proses hidup gue. Yaaa map gue cuma bisa tulis disini karena di skripsi itu dibatasin cuma 150 kata doang paling banyak, jadi gue gak bisa kasih ucapan sejelas-jelasnya… wkwkkwkwk…. Mau tau siapa aja pihak-pihaknya?? Nyokkk kite liat….

JESUS CHRIST
Kalo Someone yang satu ini mahhh gak hanya bantu gue dalam nyelesain kuliah gue. Tapi juga bantu, bimbing plus nuntun langkah gue buat ngelewatin hidup ini. Tanpa Tuhan Yesus, gue kagak bakalan bisa ngerjain semuanya. Therefore, I would like to give my greatest gratitude to Him. 

PEMBIMBING & PENGUJI  
Nahh gue juga mau berterima kasih sebesar-besarnya sama pembimbing plus penguji gue. Hmm gue kagak usah nyebutin namanya ya… Menjaga privasi orang lahhh… Kalo loe mau tau siapa orangnya, loe bisa baca skripsi gue ntar kalo udah dipublish di koleksi perpus UKSW. Hehehhe… Tapi yang pasti my thesis will not finish without the support of my thesis supervisor who guided me patiently in completing it, and my thesis examiner who was willing to examine it. Wehehehehe… Makasih ibunyaaaa…. :D

FAMILY  
Beuuhhhhh pihak yang satu ini bener-bener keren dah… Dukungan dan supportnya udah kagak bisa diitung lagi. Gue seneng dan bersyukur banget punya keluarga yang sangat perhatian sama gue. Intinya mahhh kagak ada mereka, gue juga kagak bakalan bisa bertahan. Gue kagak bisa sebutin satu-satu karena terlalu banyak banget kasih-sayang yang dikasih ke gue… Makasihh nyak, be, dek, om, lek, mbah, pakdhe, budhe, bro, sist dll… Muach muach aja dah… :D

SMP Kristen Lentera  
Kyaaaaa…. Kalo yang satu ini, gue juga kagak bakalan lupa pastinya. Tanpa partisipasi dari semua warga SMP Kristen Lentera, skripsi gue juga kagak bakal kelar cuy. Jujur awalnya gue agak galau waktu mau milih tempat penelitian beserta objeknya. Gue bingung kalo misalnya gue harus penelitian di luar universitas, gue kaga tau harus kemana waktu itu… Mau ke sekolah lain, kagak kenal siapa2. Untungnyaaaa gereja gue punya sekolah… Jadinya gue bisa penelitian disana. Heheheh… Sekali lagi, Tuhan buka jalan buat gue… Makasih ya KepSek, Guru, Staff, Karyawan beserta murid2 SMP Kristen Lentera atas kerja-samanya. Makasiihhh buangettt….

2009ers  
Gue juga mau ngucapin terima kasih buat temen-temen satu angkatan gue yang saling support satu sama lain buat ngelewatin masa-masa sulit. Gue sadar dan gue paham banget semester terakhir ini adalah semester galau buat para niners. Hahahha. Tapi kegalauan itu membuat satu sama lain jadi pada saling support. Wekekekek…. Gue juga mau ngucapin makasih buat:

Widha yang selalu ngasih support plus minjemin tempat kostnya buat istirahat. Plus juga mau nerima ajakan gue buat ikut satu kepanitiaan lagi di akhir semester galau ini. :P

Meykke yang juga ngasih support ke gue, selalu setia buat jadi partner gue untuk nyegat bis bareng dan setia dalam memberikan petuah-petuah yang bermanfaat buat kehidupan gue :D Kadang gue ngerasa ini anak salah jurusan. Harusnya dia masuk psikologi ato manajemen karena jiwanya ada di bidang itu. hahahha 

Inggit yang juga kasih support gue, setia juga buat jadi partner nyegat bis selama beberapa tahun kehidupan gue di UKSW. Wkwkwkwk… Dan juga selalu setia buat saling share soal design, Corel Draw, Photoshop dkk :D 

Cecek yang kasih support juga, plus setia buat jadi orang yang bikin gue roaming kalo dia mulai ngomongin soal korea2an. Anyway, thank you Cek buat segudang film2nya yang selama ini disumbangkan ke temanmu yang manis ini secara gratis… :P Temen gue yang satu ini pantes banget kalo dikasih gelar “Queen of Download” :P 

Mela yang juga kasih support plus wejangan-wejangan yang bermanfaat, plus setia buat jadi temen galau gue. :P Temen gue yang satu ini hampir setipe dengan Meykke. Makanya kagak heran kalo kita2 pada ngatain mereka kembar… wkwkwkw…. 

Dian Pratiwi, yang juga kasih support gue. Hmmm dia sama gue itu termasuk satu kingdom kalo dalam biologi… Lhoh??? Maksudnya??? :D Yaaa jadi gue sama dia satu pembimbing. Makanya dia jadi temen galau gue juga kalo lagi curhat soal pacar (read:skripsi) wkkwkwkw 

Ningrum dan Tuing… Dua kakak beradik yang beda bapak plus beda ibu tapi selama bersama-sama setiap saat ini juga pada support gue… hahhahha…. Yaaa saling support lah… wkwkwk.. 

Dan semua temen-temen niners yang gue kagak bisa sebutin lagi satu-persatu… Pokoknya makasih temannnn atas 4 tahun yang sudah kalian berikan… :)

ANGGARA
Nahhh orang yang satu ini adalah salah satu cowok yang bawelnya minta ampunnn plus sering ngatain gue “bandel”. Orang ini adalah sesosok mahasiswa fakultas Theologi yang galak, keras dan kalo belom kenal pasti pada ngira sombong. Hehehhe peace brohh… Tapi meskipun gitu, dia temen yang perhatian lah. Dia temen yang paling sering ngingetin gue buat jangan lupa makan, buat jangan begadang, buat tetep jaga kesehatan kalo gue lagi nglembur. Pokoknya bawelll lah kayak nenek-nenek. :P Tapi gue bersyukur dapet temen kayak dia yang mau nemenin gue secara OL kalo lagi lembur sampe malem bahkan kadang sampe pagi waktu ngerjain skripsi. Jadinya gue kan punya temen ngobrol gitu meskipun kadang gue sering kagak mudeng dia ngomong apaan dan sebagai hasilnya gue dikatain “tidak peka”. Weheheh… But, anyway, thanks brooohhh buat waktunya. Upahmu besar di surga. :)

TEMEN-TEMEN GEREJA
Gue juga kagak lupa buat ngucapin makasih yang sebesar-besarnya buat temen-temen gereja, baik itu remaja, pemuda, sekolah minggu dan lainnya. Makasih buat temen-temen, adek-adek, mas-mas, tante-tante, om-om dan semuanya yang pernah kasih support ke gue baik secara langsung ato tidak, secara terbuka ato tertutup, secara blak-blakan ato tersembunyi. Wahahah… Gue mau juga ucapin makasih buat Dessy yang kadang mau jadi temen curhat gue dan selalu memberikan masukan-masukan yang sangat bermanfaat. Hmmmm gue rasa dia ada bakat jadi ibu gembala… wkwkwkkw… Gue juga mau berterima kasih sama Puput yang juga kadang mau jadi temen curhat gue soal…. soall… soalll… soal ada dehhh… wahahhaha… Makasih Put. Gue juga mau ngucapin makasih buat BT yang juga kadang menjadi konselor gue baik dalam urusan cinta, pekerjaan, karir, sekolah, wahhh kayak dukun yaaa… wkwkwkkw peace brohhh… Gak lupa buat murid-murid Sekolah Minggu gue yang setia buat bersikap aneh setiap minggu dan bikin gue ketawa. Wkwkkw hiburan tenan kuwi… :P Daaannn semua orang yang berperan serta dalam perjuangan gue di semester ini, baik yang ikhlas maupun enggak… waduuhhhh hahahah kagak-kagak … gue yakin pada ikhlas semua. Makasih semuanyaaa…. 

Itu semua pihak-pihak yang sangat membantu gue dalam melewati badai kehidupan semester 8 ini. Mungkin bukan hanya mereka-mereka aja, tapi masih banyak orang-orang lain yang terlibat di dalam perjuangan gue. Pokoknya gue ngucapin makasih buat semua pihak yang merasa pernah terlibat lahhh… Maap gak bisa gue tulis lagi… Gue takut ntar malah jadi skripsi kedua gue nihh postingan… hahahha… Anyway, satu hal yang gue pelajari dari semester 8 ini adalah emang bener kalo gak ada sesuatu yang mustahil. Segala sesuatu itu mungkin. Seberat apapun hidup kita, kita bakalan bisa ngelewatin semuanya asalkan ada niat, pengharapan, doa, dan usaha. Dan satu hal yang gak bisa dipungkiri adalah bahwa diri kitalah (nomor 2 selain Tuhan) yang bisa mengalahkan masalah-masalah yang kita hadapi. Kalo kitanya aja udah takut, gimana bisa ngalahin masalah-masalah yang ada??? So… Be Brave!!! Take A Risk!! :D

Sekian aja postingan gue kali ini.. 

GBU

1 komentar:

  1. Cieee ada aku cieeee..bahahaha..tumben nulis puanjang nya subhanalloh Viii...
    iya kayaknya aku lebih cocok jadi motivator apa yaaa :33
    aku emang bijaksana, suka menolong rajin menabung sih yaa Vi :* hahahaha

    BalasHapus