Rabu, 15 Agustus 2012

Dua Tahun Menyandang Gelar GSM

Hari ini tanggal 15 Agustus, dan buat gue tanggal 15 Agustus merupakan tanggal bersejarah. Tanggal 15 Agustus bagi gue bukan hanya sekedar detik-detik penantian menuju hari kemerdekaan negara kita, Negara Republik Indonesia, tapi tanggal 15 Agustus merupakan awal yang bener-bener awal bagi gue buat menjadi seorang pekerja. Well, pekerja yang dimaksud disini buat gue bukanlah sembarang pekerja [Jiahhh… Lagu dong? :D]


Dua tahun lalu tepatnya 15 Agustus 2010 merupakan hari dimana gue diteguhkan menjadi seorang pekerja Kristus. Lebih tepatnya lagi gue diteguhkan untuk menjadi seorang Guru Sekolah Minggu. Loe pasti sekarang heran dan gak bakalan percaya kalo gue bilang bahwa gue adalah seorang guru. Loe pasti bertanya-tanya, “Yang bener nihhhh? Via itu guru? Serius? Seorang Via yang pendiem, gak banyak bicara, penakut emang bisa ngajar?”

Loe pasti punya cita-cita dalam hidup loe. Dulu sewaktu gue masih kecil, gue punya banyak banget cita-cita. Gue pengen jadi designer terkenal yang bisa ngerancang baju-baju keren. Terus gue juga pernah punya cita-cita buat jadi penulis. Gue juga pernah punya cita-cita buat jadi akuntan sekaligus musisi ternama. Dan ketika awal-awal gue kuliah, gue pengen banget nih kalo udah lulus, kerja di surat kabar. Entah itu jadi wartawan ataupun editor. Tapi sama sekali dari gue kecil sampe gue besar, gue kagak ada cita-cita buat ngajar. Tapi ini bukan berarti kalo gue itu benci ngajar. Waktu gue kecil, gue sering banget maen sekolah-sekolahan dimana gue dapet posisi jadi seorang guru. Hanya aja sama sekali gue gak pernah kepikiran aja buat jadi seorang guru beneran. Apalagi jadi seorang Guru Sekolah Minggu.

Buat gue jadi seorang guru itu berat karena kita gak hanya sekedar mentransfer teori-teori yang kita punya ke murid-murid kita, tapi jadi seorang guru lebih rumit dari itu semua. Ada pepatah dalam bahasa Jawa bilang, “Guru itu digugu lan ditiru.” Dari pepatah itu, kita juga udah tau kalo kita juga harus bisa jadi contoh yang baik buat murid-murid kita. Apalagi kalo misalkan kita jadi seorang Guru Sekolah Minggu, yang tugasnya itu ya mengabarkan kebenaran Firman Tuhan ke anak-anak.

Tapi asliii… Dulu, gue sama sekali gak pernah kepikiran buat jadi Guru Sekolah Minggu. Waktu gue kecil, gue emang seneng banget ikut Sekolah Minggu, tapi kalo ngajar di Sekolah Minggu… Sama sekali gak ada bayangan. Terus loe pasti sekarang bertanya-tanya kenapa gue bisa jadi Guru Sekolah Minggu [GSM]?

Well, semua berawal dari sebuah penawaran yang ditawarkan oleh salah seorang Guru Sekolah Minggu, namanya mas Hernadi. Seinget gue waktu itu, mas Hernadi setelah Kebaktian ke-2 ngajak gue ngomong bareng Dessy dan ada Nunuk juga kalo gak salah. Dan disitu gue bertiga ditawarin buat ikut kelas pengkaderan. Awalnya gue kagak mudeng apa kelas pengkaderan itu. Ternyata kelas pengkaderan yang dimaksud adalah kelas pengkaderan buat Guru Sekolah Minggu. Awalnya gue ragu, tapi akhirnya gue putusin buat nyoba ikut kelas pengkaderan dulu berhubung ada temennya, yaitu Dessy sama Nunuk.

Gue, Dessy, dan Nunuk pun ngikutin kelas pengkaderan yang jangka waktunya lumayan lama tapi gue gak tau pastinya berapa lama. Dan di pengkaderan itu, gue dapet banyak pelajaran yang pastinya bakalan sangat membantu gue kalo gue jadi GSM. Di kelas pengkaderan waktu itu, juga ada kayak role play. Jadi misalnya, gue jadi GSM Kelas Besar terus temen-temen yang laen jadi muridnya. Nah disitu tugas gue adalah memberitakan Firman Tuhan ke temen-temen gue. Nah temen-temen gue ini ntar bertingkah jadi kayak anak usia kelas 5 sama 6 SD. Disini gue dapet banyak pelajaran bagaimana gue harus menghandle anak-anak usia segitu. Gak cuma itu. Selama pengkaderan, gue sama temen-temen laen juga disuruh keliling ke kelas-kelas di Sekolah Minggu. Tujuan keliling ini sebenernya adalah untuk melihat kondisi kelas sehingga ntar kalo misalkan gue bakalan jadi GSM, gue gak kaget kalo ngajar karena udah tau situasinya, dan gue juga udah sedikit-sedikit bisa mempelajari metode-metode yang dipakai sama guru-guru kelas tersebut. 

Dan hal terkahir yang gue sama temen-temen gue lakuin adalah bercerita di depan Guru Sekolah Minggu. Buat gue, selama mengikuti kelas pengkaderan hal inilah yang merupakan hal terberat karena gue harus cerita di depan orang-orang yang buat gue waktu itu adalah orang-orang yang udah ahli banget kalo soal ngajar. Makanya malem sebelum gue cerita, gue agak takut. Asliii kagak bisa tidur gue. Hehehe. Gue juga bingung mau cerita buat kelas yang mana. Tapi waktu itu gue pilih amannya buat cerita di kelas tanggung. Hehehehe. Dan cerita yang gue sampein adalah tentang Nuh.

Kelas pengkaderan pun berlalu. Awalnya gue cuma nyoba-nyoba aja ikut kelas pengkaderan Guru Sekolah Minggu, tapi lama-lama niatan buat jadi GSM terbangun dalam diri gue. Makanya pada saat mas Hernadi tanya apakah gue mau lanjut buat jadi GSM, gue mengiyakan pertanyaan itu. O ya… Sebelum diteguhkan gue sama temen-temen juga ada pertemuan sama Majelis buat nanyain soal kesungguhan kita. Dan seperti yang gue udah singgung diatas tadi, pada tanggal 15 Agustus 2010, gue beserta temen-temen yang laen diteguhkan menjadi seorang Guru Sekolah Minggu. Akhirnya predikat Guru Sekolah Minggu menempel dalam diri gue dan gue mulai terus melayani Tuhan melalui anak-anak sejak saat itu sampe sekarang.

Seperti yang udah gue bilang tadi ke loe kalo jadi guru itu gak gampang, termasuk jadi Guru Sekolah Minggu. Banyak banget tantangannya. Hal yang paling gue takutin dulu waktu jadi GSM adalah kalo misalnya gue disuruh buat cerita alias memberitakan Firman Tuhan ke anak-anak. Gue takut banget kalo disuruh cerita karena gue bukan tipikal orang yang bisa gampang bicara di depan orang meskipun pada kenyataannya gue itu mahasiswi Fakultas Bahasa dan Sastra yang pastinya belajar bahasa dan bagaimana berbahasa itu. Dan hal laen yang bikin gue takut adalah gue ngerasa kalo gue itu masih gak layak buat nyampein Firman Tuhan karena kadang gue masih jatuh dalam dosa. Awal-awal jadi GSM, gue ngerasa berdosa banget karena gue kadang masih gak bisa ngelakuin apa yang gue sampein ke murid-murid gue. Tapi kalo gue terus-menerus kalah sama rasa takut gue buat nyampein kebenaran Firman Tuhan ke anak-anak, sampe kapan pun gue gak akan bisa cerita.

Mungkin dulu gue terlalu takut karena gue terlalu di konsep sama pendapat-pendapat kuno dalam diri gue yang bilang bahwa “Seorang guru [dalam konteks ini Guru Sekolah Minggu] harus sudah bisa melakukan 100% apa yang nantinya bakalan dia sampaikan ke murid-muridnya sebelum dia menyampaikan hal itu” dan gak cuma itu, gue dulu juga terlalu berpikiran bahwa “Pada hakekatnya dalam proses belajar mengajar, murid itu yang belajar sedangkan guru tugasnya hanya mengajar bukan belajar.” So, kedua pemahaman inilah yang bikin gue jadi takut buat nyampein kebenaran Firman Tuhan ke anak-anak. 

Tapi akhirnya gue mutusin buat mulai merubah cara pandang gue karena emang itu yang harus dilakukan. Pertama, gak ada manusia yang sempurna di dunia ini, kecuali Tuhan Yesus. Setiap orang pernah berbuat dosa apapun pekerjaannya, termasuk guru. Kedua, sebenernya dalam proses belajar mengajar, yang belajar itu bukan hanya murid-murid tapi guru juga belajar. Hanya saja, guru dapet kesempatan dari Tuhan buat nyampein apa yang harus disampein. Tapi guru pun sebenernya juga ikut belajar karena guru itu juga termasuk murid. Dan dalam proses belajar, kadang kita ngalamin kegagalan atau mungkin kesuksesan. Nah ketika kita menghadapi kegagalan dalam belajar, jangan pernah takut untuk belajar lagi. Satu hal yang harus loe tau, kegagalan yang loe hadepin sebenernya bisa jadi pembelajaran buat diri loe dan mungkin buat murid-murid loe kalo loe seorang guru [dalam konteks ini Guru Sekolah Minggu] #gileee bijak banet gue hehheh. Konsep kedua ini gue dapet ketika gue ngambil salah satu mata kuliah di Fakultas Bahasa dan Sastra. Nah, kedua pemahaman baru inilah yang bikin gue jadi berani buat cerita di depan anak-anak.

Dan… Hari ini… -15 Agustus 2012- adalah tepat hari dimana gue dan temen-temen seangkatan gue waktu pengkaderan menjadi Guru Sekolah Minggu selama dua tahun. Semua berawal dari sebuah penawaran. Ketika penawaran itu diambil dan digenggam dalam jangka waktu yang cukup lama, niat pun terbentuk. Dan sampai sekarang penawaran yang tadinya hanya sebuah penawaran berubah menjadi sebuah kenyataan.

Sekarang pertanyaan yang pernah diberikan ke gue sama temen-temen gue dulu, gue kembalikan ke loe… “Siapkah dan maukah loe menjadi seorang Guru Sekolah Minggu?” The decision relies on you.

Sekian aja postingan gue kali ini… Semoga bermanfaat. GBU!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar