Sabtu, 02 November 2013

Becoming an English Teacher? Bener Gak Sih?


Hai hai hai… Apa kabar semua?? Kita patut bersyukur banget untuk setiap hari baru yang udah Tuhan kasih untuk kita semua. Tuhan selalu pimpin kita sehingga kita masih bisa bertahan hidup di dunia yang kata banyak orang “KEJAM”. Hahaha

Hmmm hari ini gue mau bagi sedikit pengalaman ke loe semua lewat blog gue ini. Ya sebenernya hal ini udah pernah jadi bahan renungan yang gue sampekan untuk guru-guru di sekolah tempat gue ngajar. Judulnyaaa… Sebenernya gue juga bingung mau kasih judul apa… Langsung aja ya…

Setiap orang pasti punya cita-cita kan. Ada yang bercita-cita jadi dokter, presiden, penyanyi, musisi, pelukis, penulis, pendeta, ulama dan masih banyak lagi. Dan gue yakin kalo loe pasti juga punya segudang cita-cita dan keinginan terbesar dalam hidup loe.

Sama halnya dengan kebanyakan orang pada umumnya, gue pun juga punya cita-cita dan keinginan dala hidup gue. Tapi kalo ngomong-ngomong soal profesi nih ya, dari gue kecil sampe gue kuliah, sama sekali kagak ada keinginan buat jadi seorang guru. Sebenernya BUKAN KARENA GUE BENCI DUNIA PENDIDIKAN, BUKAN KARENA GUE KAGAK SUKA NGAJAR. Satu hal yang harus loe tau. Gue CINTA DUNIA PENDIDIKAN, GUE SUKA NGAJAR, dan terlebih GUE SUKA ANAK-ANAK. Maka dari itu gue terlibat jadi Guru Sekolah Minggu dan semasa kuliah, gue juga ngelesin. Tapiiiiiiiiiiiiiii kalo soal profesi, MENGAJAR BUKANLAH SESUATU YANG PALING FAVORIT buat gue. Sekali lagi bukan karena gue benci ngajar, tapi ngajar itu bukanlah hal terfavorit buat gue kalo untuk milih pekerjaan. Maka dari itu, dari gue kecil sampe gue besar, gue kagak ada keinginan buat jadi guru. Apalagi buat jadi GURU BAHASA INGGRIS. Beuhhhh sama sekali kagak ada bayangan dah.

Sebenernya dulu waktu mau masuk dunia perkuliahan pun gue kagak kepengen mendalami bahasa. Gue pengen masuk Fakultas Teknik Informatika dengan jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Tapi karena ada beberapa hal yang membuat keluarga gue itu gak setuju gue masuk situ, akhirnya gue pun mendalami bahasa. Dan satu hal yang harus loe tau. Ketika gue awal-awal kuliah itu rasanya bener-bener suram, galau dan kelabu lah. Setiap kali masuk kelas untuk kuliah itu rasanya beraaatttttttt banget. Gue seringkali mbatin “Well… Welcome to the HELL” dalam hati gue tiap kali masuk kelas. Ya jelaslah… Gue harus mengerjakan sesuatu yang sebenarnya bukanlah menjadi keinginan terbesar gue. Ditambah lagi gue bukan anak bahasa waktu gue SMA.. Gue anak Soksial… Ehhh Sosial alias IPS… Ya di awal-awal pasti berat bangettt… Tapi gue bersyukur karena Tuhan pimpin gue mulai dari awal sampe gue selesai… Dia pimpin gue buat ngikutin kuliah sehingga gue bisa ngikutin dengan baik. Nilai-nilai gue pun gak suram-suram amat. Hahahaha…

Well, itu sekilas dunia kuliah gue. Sekarang balik lagi kita ngomong dunia pekerjaan. Nah waktu gue semester 8, gue itu ngerjain skripsi yang merupakan titik terberat anak-anak kuliahan. Trus waktu gue udah sampe data analysis, gue mulai nyoba nyari-nyari lowongan. Dan satu hal lagi yang harus loe tau, gue mulai dari kuliah juga kepengen kerja di bidang tulis-menulis. Sehinggaaaaa gue bisa nyalurin hobby menulis gue yang udah gue pupuk sejak kecil. Maka dari itu, pas gue nyari-nyari lowongan gue mbuka-mbuka website penerbit seperti Gramedia atau Kanisius atau media massa kayak The Jakarta Post, The Jakarta Globe. Pokoknya gue nyari lowongan yang bidangnya tulis-menulis. Gue berharap gue bisa kerja jadi penulis atau columnist atau editor di majalah, koran atau buku-buku apa gitu. Yang penting gue sembari kerja, gue juga bisa menyalurkan hobby menulis gue. Kan enak tho kalo kita bisa mengerjakan sesuatu hal yang bener-bener paling kita suka/ paling favorit dan dibayar pula. Gue kagak peduli kalo gelar gue S,Pd. Dan itu berarti gue sebenernya harus jadi guru. Tapi gue kagak mau jadi guru dan ngajar. Maka dari itu gue nyari lowongan begituan. Tapiiii berhari-hari gue cari ternyata ya kagak ada lowongan itu.
Akhirnya gue mutusin untuk jadi member JobStreet. Kata temen gue banyak banget lowongan disana. Nah siapa tau gue juga bisa beruntung nemu lowongan yang gue mau di website itu. Pada saat gue ndaftar, gue ngatur bidang atau area pekerjaan yang gue mau. Yang pertama kali gue kasih checklist pasti ya bidang yang bener-bener jadi hal yang paling favorit dan bener-bener gue pengen. Trus iseng-iseng gue juga kasih tanda checklist di bidang pendidikan. Tapi gue selalu yakin kalo gue pasti bisa dapet lowongan yang gue mau. Selesai gue daftar pun, gue mulai dikirimin email tuh besoknya. Tapiiii dari semua email yang gue terima, kagak ada satu pun lowongan yang sesuai dengan apa yang gue mau. Berhari-hari gue tunggu dan sekali lagi, gue tetep berpengharapan dan selalu yakin kalo gue bisa dapet lowongan yang paling menjadi hal yang terfavorit buat gue. Tapiiiiii gue tunggu berhari-hari bahkan sampe gue menjelang wisuda, lowongan yang gue mau kagak ada yang sesuai.

Sebenernya waktu itu ada dua lowongan yang bisa masuk kriteria gue. Tapiiiii semuanya buat cowok. Sebenernya jadi penulis dan jadi editor tapi itu buat cowok. Sedangkan lowongan yang lain hampir 99% itu bidang PENDIDIKAN. English Teacher dimana lah. Primary Teacher dimana lah. Pokoknya bidang pendidikan. Hadahhhh hal ini bikin gue galau. Gue pengen banget bisa langsung kerja setelah lulus dan juga bisa ngerjain sesuatu hal yang menjadi paling favorit buat gue, tapi fakta berkata lain. Hmmm akhirnya gue mulai konsultasikan hal ini dengan keluarga dan juga beberapa temen gue. Dan beberapa dari mereka nyuruh gue untuk nyoba lowongan di dunia pendidikan itu. Lagian gue juga kan udah lebih sering maen-maen di dunia pendidikan dengan jadi GSM atau ngelesin Inggris. Dannnn gelar gue itu lohhhh S.Pd. (Sarjana Pendidikan). Gue pun mulai mengkonsultasikan hal ini juga dengan Tuhan selama beberapa hari. Akhirnya, gue dengan mantap memutuskan untuk mencoba berkecimpung di dunia pendidikan.

Gue pun mulai membuka lowongan-lowongan yang ada. Dari semua itu gue ketemu dengan dua sekolah di Surabaya yang buat gue srek. Yang pertama namanya MIMI School dan yang kedua namanya Yayasan Pendidikan Kristen GLORIA. Gue pun mulai ngisi lowongan dan gue pun dipanggil untuk menjalani beberapa test. Hari pertama gue test di MIMI. Tapi ada beberapa pertimbangan yang membuat gue ngambil keputusan untuk berhenti ikut test disana dan nyoba ke GLORIA. Nahhh hari selanjutnya gue ke GLORIA. Pas gue dateng disana, gue bener-bener disambut hangat sama KepSek, Koordinator English dan karyawan sana. Dan tak lupa juga dengan murid-muridnya. Gue seneng banget. Gue bener-bener berasa di rumah. Maka dari itu, gue mutusin untuk ngelanjutin semua test sampe selesai, mulai dari Teaching Demo, Interview dengan KepSek dan English As-Co, Test TOEFL, Interview dengan Yayasan, Medical Check-Up dan Psikotest. Semua test itu kelar dan gue pun besoknya dikasih tau kalo gue lolos. Nahhh gue mulai masuk kerja itu tanggal 1 Agustus 2013. Di awal kerja selama dua hari gue nglakuin observasi dulu. Jadi liat-liat suasana kelas lah dan gak ngajar ditinggal sendirian. Gue seneng banget karena anak-anaknya baekkkk banget. Nah mulai tanggal 3-14 gue libur karena ada Lebaran. Trus masuk lagi tanggal 15 ato 16 Agustus gitu. Nahhh mulai tanggal itu, gue mulai ngajar sendiri.

Minggu-minggu awal gue ngajar sendiri, everything is okay. Tapiii mulai masuk minggu kedua dan seterusnya murid-murid gue berubah. Mereka tidak seperti dulu lagi. Mulai dah keliatan aslinya kayak apa. Ibarat di luar kelas baek banget, tapi pas pelajaran jadi monster kecil semua. Huhhh dan selama berminggu-minggu itu pun gue dibikin galau sama mereka. Gue selalu berusaha meyakinkan diri gue kalo ini baru awal ini baru awal, tapi semakin gue yakinin diri gue, masalah terus datang. Tiap malem gue berdoa sama Tuhan. Curhat sama Tuhan untuk semua yang gue alamin di sekolah. Gue terus bertanya sama Tuhan,  Tuhan aku ini bener gak sih jadi guru? Kalo emang iya, kenapa setiap hari selalu begini? Masa’ tiap hari aku harus teriak-teriak dan marah-marah terus ke murid-murid baru mereka diam semua dan bisa ikut pelajaran lagi? Tolong aku Tuhan. Jadi guru itu sebenernya udah bukan jadi hal yang paling favorit untuk aku. Jadi tolong bantu aku terlepas dari beban-beban yang bisa membuat aku berduka cita disini setiap hari. Bukan cuma itu, bahkan gue juga bilang sama Tuhan, Tuhan kalo emang ini tempatku, ijinkanlah aku untuk mengenal murid-murid dan lingkungan sekolah ini dengan baik. Tapi jika memang bukan, ijinkanlah aku bertahan sampai masa kontrakku berakhir. 

Begitulah sekilas curhat-curhat gue ke Tuhan. Dengan air mata yang menetes, gue curhat. Kadang gue juga bawa nama murid-murid gue ke dalam doa. Ya begitulahhh… Yang gue punya disini cuma Tuhan. Kagak ada yang laen. Gue punya bulek di Sidoarjo sih. Tapi gue juga kagak enak mau cerita sama beliau. Kan tiap orang udah sibuk ada urusan masing-masing. Masa’ gue tega nambahin? Gue juga ada temen kost sih, tapi jarang banget gue bisa ketemu sama mereka. Kagak ada kesempatan untuk ngobrol. Karena gue berangkat, mereka masih tidur. Pas gue pulang mereka belom pada pulang. Pulangnya juga malem banget. Gue udah molor karena kecapekan. Jadiiii gue bener-bener kagak ada temen dan kagak ada yang bisa dijadiin sandaran disini. Hanya Tuhan Yesus seorang yang gue punya disni. Lalu, kemaren waktu tanggal 12 Oktober gue pulang ke rumah karena tanggal 14 cuti bersama dan tanggal 15 itu libur, jadinya gue mutusin untuk pulang.

Saat itu gue pulang bareng Finna, temen kuliah gue yang ternyata kerja di Cita Hati School Surabaya. Pas perjalanan pulang, kita saling share pengalaman. Dan ternyata, Finna pun juga ngalamin hal yang sama seperti gue. Bahkan Finna mungkin lebih parah karena dia jadi wali kelas. Gue juga cerita hal ini ke beberapa temen lain. Gue dikasih motivasi. Lalu ketika gue denger cerita-cerita dan pengalaman temen-temen gue yang ternyata kagak jauh beda dengan gue, gue pun sadar dan terbuka matanya. Begitu pula ketika gue harus ngingat pengalaman-pengalaman wali kelas di tempat gue ngajar, gue bener-bener seperti tertabok saat itu. 

Lama-lama dan seiring berjalannya waktu sampe saat ini, gue pun sadar kalo hidup ini punya banyak proses yang emang harus kita lewatin. Ada yang manis dan ada yang pahit. Kita kagak bisa nawar untuk dapet proses manis terus. Proses pahit pun juga harus kita lewatin. Hidup kita itu adalah sebuah lukisan. Tuhan sudah membuat sketsa yang fixed untuk setiap kehidupan kita. Sketsa itu adalah proses-proses yang emang harus kita lewatin. Sekuat apapun kita menolak proses itu ya kita gak bisa. Kalo Tuhan udah bilang sketsa ini yang jadi milik kita, maka sketsa itu yang emang jadi milik kita. Maka puluhan proses itu yang harus kita lewatin. Dengan perumpamaan ini, kalo gue lihat balik masa lalu gue pas gue lagi cari-cari dan pilih-pilih pekerjaan, gue sadar satu hal bahwa dulu sekuat dan sekeras apapun gue menolak jadi guru, tapi kalo Tuhan udah maunya gue jadi guru maka terjadilah. Mungkin puluhan lowongan dunia pendidikan itu emang sengaja Tuhan kasih buat gue supaya gue dididik untuk jadi seorang guru, jadi seorang pemimpin , jadi seorang yang jauh lebih mandiri karena gue kagak tinggal dan bergantung lagi sama OrTu gue, jadi pribadi yang lebih tegas dan jadi pribadi yang lebih dekat lagi dengan Tuhan karena gue sebagai seorang guru pun juga dididik dalam iman Kristen di sekolah ini. Mungkin itu rencana Tuhan untuk gue. Gue emang gak akan pernah tau apa maunya Tuhan karena gue gak bisa baca pikiran Tuhan. Maka dari itu gue mau belajar untuk ikutin sketsa yang udah Tuhan kasih untuk gue mulai dari kepulangan gue dari rumah pas liburan kemaren. Dan sekarang… Gue bener-bener ngerasain gimana Tuhan bekerja dalam hidup gue. Semakin lama semuanya semakin membaik meskipun emang kadang ada masalah muncul tapi semuanya bener-bener membaik. Yaaa emang tergantung gimana kita menghadapinya.

Mungkin bukan hanya gue yang ngalamin ini, tapi mungkin diantara loe semua juga ada yang pernah ngalamin ini. Loe ingin mendapatkan apa yang loe mau dengan sekuat tenaga. Loe berdoa siang malem memohon sama Tuhan agar loe bisa ndapetin itu. Tapi sampe sekarang mungkin belom ada jawaban dari Tuhan atau mungkin loe udah dapet jawaban tapi jawabannya beda dari apa yang loe mau. Satu hal yang loe harus tau adalah loe harus selalu percaya dan yakin bahwa apa yang udah Tuhan tetapkan untuk hidup loe itu merupakan satu rencana yang sangat baik karena TUHAN JAUH JAUH LEBIH KENAL DIRI LOE DIBANDINGKAN LOE KENAL DIRI LOE SENDIRI. Jadi sketsa apapun yang Tuhan kasih, terimalah itu. Tugas loe sebagai manusia adalah memberikan warna untuk sketsa lukisan kehidupan loe. Nahhh warna-warna yang loe pilih ini ya tergantung loe sendiri. Apakah loe mau pilih warna-warna cerah dimana yang berarti loe mau lalui setiap proses dengan penuh sukacita, syukur dan tetap berpengharapan sama Tuhan atau loe pilih warna-warna kelabu untuk lukisan kehidupan loe yang berarti loe terus lalui segala proses dengan penuh dukacita, rasa galau dan penuh keluhan? Warna lukisan kehidupan loe ada di tangan loe. Tapi ibaratkan sebuah lukisan yang dikasih warna-warna kelabu hasilnya pasti jelek, begitu pula dengan kehidupan kita. Kalo kita gak lalui hidup ini dengan tetap bersukacita dan bersyukur dengan segala proses yang terjadi, maka kita gak akan bisa melihat hasil lukisan kehidupan kita indah yang berarti kita gak akan pernah bisa lihat anugerah Tuhan yang besar untuk setiap kehidupan kita. Maka dari itu BIJAKSANALAH DALAM MENENTUKAN WARNA UNTUK LUKISAN KEHIDUPAN LOE.

Hal lain yang gue mau share adalah satu ayat yang gue dapet dari seorang teman di Teologi. Mari buka Roma 8:28 “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” Dari ayat ini, gue pengen loe semua selalu yakin bahwa dalam semua proses [baik proses manis maupun pahit] kehidupan yang loe alami itu, Tuhan selalu bekerja menuntun loe sampe garis finish. Dia gak mungkin ninggalin loe di tengah jalan kayak orang hilang tanpa arah untuk ngelewatin proses itu sendirian. Maka dari itu tetaplah berpengharapan, bersukacita dan bersyukur untuk apapun proses itu. Sama seperti apa yang ayat favorit gue bilang Amsal 3:5 “Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.”

So, friends…

Mau pilih warna apa untuk lukisan kehidupan loe? Warna cerah atau kelabu?

Sekian postingan gue kali ini ^^

Semoga bermanfaat

GBU

1 komentar:

  1. Samaaa.....the bginning must be hard!!!! Tpi yg pnting bsa survive, akhirnya kita tau klo Tuhan maha baik dan emg jlnnya yg terbaikkk...semangat!!!! Ayo tumbas android!! Hasha

    BalasHapus