Jumat, 23 Agustus 2013

Murid Nangis?? Ihh Wow!!

Hari ini gue kagak tau mau ngomong apa. Tapi yang pasti gue selalu bersyukur karena Tuhan pimpin setiap kehidupan gue. Meskipun gue ini banyak dosanya, tapi Tuhan kagak pernah sedikitpun ninggalin gue. Dia selalu ada buat gue. Waktu gue bingung, galau, resah, gelisah. Yaaa pokoknya saat suka dan duka, Dia selalu ada di samping gue.

Daaaannnn hari ini seperti biasa gue ngelakuin aktivitas gue sebagai seorang guru, yaitu MENGAJAR. Hari ini sebenernya cuma ada dua kelas aja yang gue ajar dan satu kelas yang gue dampingin. Jadi pagi-pagi itu, gue kosong dan setelah istirahat pertama, gue ikut kebaktian kelas 4-6. Nah karena ini sekolah kristen jadi kalo ada kebaktian murid, guru pun juga harus ikut. Setelah kebaktian kelas besar selesai, jadwalnya makan siang. Tapi gue sengaja kagak makan. Selain karena kantin penuh, gue juga belom begitu laper. Setelah istirahat itu, gue mendampingi MPP (Mata Pelajaran Pilihan). Itu sejenis Ekskul tapi dilaksanakan secara serempak dari kelas 1-6. Dan kebetulan kelas yang gue dampingi itu adalah Robo Life kelas 3. Robo Life itu sejenis Robotik gitu dah. Loe pasti heran kenapa gue bisa ditempatin di kelas itu? Gue juga heran kenapa bisa gitu? Tapi nyante aja. Karena yang ngajar bukan gue. Gurunya itu dari luar sedangkan gue hanya mendampingi anak-anak. O ya di kelas ini yang ngajar itu mas-mas bermata sipit yang orange ki diiiieeeemmmm puollll. Ngomong juga sekecap dua kecap. Jadi sebagai guru pendamping, gue harus bisa ngimbangin. Gue harus agak bawel supaya kelasnya gak kayak kuburan dan anak-anaknya gak jadi liar. Jadi kalo ada yang berisik dan kagak memperhatikan, gue harus turun tangan. Karena kasihan juga mas-masnya itu yang ngajar. Suaranya pelan dan orangnya halus banget. :D

Oke setelah Robo Life selesai, gue bergegas menuju kantin untuk makan. Enaknya jadi guru ki gitu. Kalo ada jam kosong boleh makan meskipun bukan jadwal istirahat. Jadi fleksibel lah. Nahh waktu gue bergegas menuju kantin, gue disuruh sama Ms. Ita, WaKa Sekolah untuk nemenin satu guru MPP Tanaman Toga. Gue lupa nama Ibunya siapa. Tapi orangnya metal dan udah lumayan tua. Tapi jangan salahhhh. Gitu-gitu Beliau dosen dimana-mana. Ngajar AkPer di Rumah Sakit. Ngajar Kimia, Farmasi dkk. Keren banget dah. Kapan-kapan gue juga mau nyusul ahh. Punya gelar banyak plus jadi dosen. hahahah kalo mimpi boleh kan?

Oke lanjut. Setelah makan siang, gue bergegas mengambil buku dan menuju kelas IV A. Kebetulan di kelas ini gue ngajar Conversation selama 1 jam pelajaran. Nahhh di kelas sebenernya gue mau nglanjutin materi Bahasa Inggris untuk persiapan Ulangan Harian 1. Itulah sebabnya gue nyuruh beberapa anak untuk ngambil Class Book dan Workbook mereka di meja kantor gue. Tapiiiii... Materi batal diajarin karena gue ngebentuk kelompok buat mereka. Awalnya gue nyuruh mereka untuk bentuk kelompok sesuai dengan keinginan mereka. Ehhh tapi banyak anak-anak yang protes karena yang pinter-pinter jadi 1 kelompok. Ini anak-anak pinter kagak pada mau dipisah sedangkan yang lain pada protes. Nahhhh mulai ribut dah tuh kelas... Mulai budrekkk juga kepala gue.

Akhirnya sebagai seorang guru yang selalu meminta KEBIJAKSANAAN dan HIKMAT dari Tuhan Yesus, gue pun ngambil keputusan. Gue dengan teriak-teriak akhirnya nyuruh mereka duduk ke tempat mereka dan nyuruh mereka ngitung dari angka 1 sampe 4. Kenapa?? Supaya adil dan merata. Jadi yang pinter-pinter kagak ngumpul jadi 1 semua. Pada saat gue nyuruh mereka ngitung, anak-anak yang pinter itu pada protes dan sangat keberatan karena mereka gak mau satu kelompok sama yang lain. Gue kagak tau kenapa pada gitu? Yaaa tapi gue maklum lah. Namanya juga anak-anak. Suasana semakin ribut. Gue tanya ke mereka dan dengan nada sedikit ngancem gue ngomong, " Do you want to go home? If you don't want to sit in your own place, I will not let you go home." Setelah itu gue matiin lampu kelas biar pada diem semua. Sekejap suasana langsung hening. Gue minta ketua kelas buat nyiapin dan nunjuk 1 orang anak untuk berdoa pulang. Akhirnya kelas IV-A itu pun pulang.

Eitttssss tapi meskipun mereka pulang. Perjuangan gue belom berakhir. Gue masih harus ngajar Conversation kelas V-B. Nahhhh disini ini kesabaran gue bener-bener diuji. Di kelas ini sebenernya sebagian besar anak pada manut-manut. Tapiiiiii ada 1 anak yang jadi biang kerok keributan di kelas ini. Namanya Benedict dan biasa dipanggil Ben. Minggu lalu emang suasana kelas nyaman karena anak ini kagak masuk. Tapi setelah anak ini masuk sekolah, suasana kelas jadi agak kagak nyaman. Kaki gue dengan berat pun melangkah ke kelas itu. Gue pengen masuk tapi ternyata ada guru Mandarin masih ada di kelas. 1 menit kemudian guru itu pun keluar. Di depan pintu kelas itu, si Ben ngomong "Now, you go out from the class." ke guru Mandarin itu. Gue lupa siapa namanya. Tapi kalo guru Mandarin biasanya dipanggil Lao Shi.. Kayaknya Lao Shi Ferdinand. Denger kata-kata Ben, Lao Shi langsung negur, "Ngomong apa kamu barusan???" Si Ben pun ngeles. Ben pun ditegur. Gileee bener dah tuh anak.

Gue pun masuk kelas. Dannn seperti yang gue duga. Si Ben pun berulah. Lari sana-sini. Mondar-mandir di dalam kelas. Gangguin temennya. Pokoknya kalo loe jadi gurunya dan kagak kuat, bisa sarap dah loe.. wkwkkw Di dalam kelas gue ngumumin kelas itu kalo bakalan ada presentasi yang harus mereka lakuin. Presentasinya tentang Pahlawan Indonesia yang mereka suka. Gue nulis beberapa pertanyaan yang bisa mereka jadikan acuan untuk presentasi mereka. Dan gue juga nyuruh mereka untuk nyatet. Murid-murid pun pada nyatet tapi Ben kagak. Gue nyuruh dia nulis tapi dia kagak mau dan malah ngece gue pake bahasa Jawa. Aseeemmm tenan gue kagak mudeng artinya. Tapi tuh anak gue pelototin aja terus sembari gue ngomong "Sit down in your own place." Sabarrrr Sabarrrr gue mbatin. Asal loe tau aja ya.. Nih anak emang udah dapet label anak nakal sama 1 sekolah. Gue diceritain sama petugas perpus disana kalo anak ini tuh sampe dibawa ke kepala sekolah juga. Dinasehatin sama kepala sekolah. Tapi loe tau apa jawaban dia?? Dia ngomong, "Saya kan bukan orang Kristen jadi gak perlu taat." Bussseeeetttt kepala sekolah aja digituin.

Oke lanjut. Setelah itu gue nyuruh murid kelas V-B untuk ke perpus buat nyari referensi presentasi mereka. Di perpus anak-anak pada nyari referensi. Tapiii si Ben ini bukannya nyari malah berulah. Lari sana-sini... Nyetel musik di tape perpus udah gitu volumenya dikencengin lagiii... Bukan cuma itu... Dia juga gangguin satu murid cewek namanya Kesya. Kesya ki orange ncen meneng, halus, lemah lembut plus cakep. Beuhhh digangguin terus tuh si Kesya. Gue dengan nada keras dan tegas sampe nyuruh Ben untuk minta maaf tapi namanya tuh anak emang kasar yo wesss. Gue pikir setelah ini anak itu bakalan berhenti. Ealahhhhh malah gangguin terus plis dibikin nangis si Kesya... Beuhhhh tambah gileeee gue di kelas. Akhirnya semua anak gue suruh ke kelas. Di kelas, sang Wali Kelas pun udah nunggu karena emang udah jatahnya untuk pulang. Akhirnya gue ngasih laporan ke Ms. Vidia -sang wali kelas V-B- soal anak nangis ini.

Miss Vidia pun dengan kondisi yang agak stress langsung nyuruh pada masuk semua. Dan gue dimintain tolong untuk handle Kesya dulu di luar. Gue pun nemenin dia ke toilet dan berusaha nenangin tuh anak yang nangis terisak-isak. Hadehhhh tobaaatttt tobatttt... Kelas ini adalah kelas paling parah diantara semua kelas yang gue handle di tahun ini. Semoga gue kagak kena serangan jantung aja tiba-tiba waktu ngajar. Seumur-umur gue ngajar, baik di Sekolah Minggu ato Salatiga LAB, kagak ada anak yang buandellleeee koyo ngono.

Yaaaa tapi sekali lagi. Gue kagak perlu jadikan itu sebagai batu penghalang gue. Justru ini yang namanya tantangan. Disini bener-bener diuji apakah gue itu orangnya sabar ato kagak. hahhaha,,, Well, let's see aja.. Gue cuma berharap kalo gue bisa nglewatin semuanya dengan baik. Gue pengen jadi guru yang bisa jadi teladan baik aja untuk murid-murid gue. Seperti Tuhan Yesus, sang Guru Agung, yang bisa jadi teladan untuk kita semua murid-murid-Nya. Senakal apapun seorang murid, dia pasti tetap ingat kita. Dia akan ingat siapa kita, bagaimana kita dan apa yang kita lakukan ke dia. So teachers, tetap jadi lilin aja dan jangan pernah padam.

Sekian postingan gue kali ini... Semoga bermanfaat... ^^d

GBU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar