Rabu, 20 April 2011

Siapa Mau Jadi Guru?


Di masa ini, banyak sekali orang yang berebut untuk mendapatkan profesi menjadi seorang guru. Jadi keinget sama temen-temen gw di SMP n SMA yang pengen banget jadi  guru… Setiap kali ditanya “Kalo udah lulus SMA mao ngapain?” Mereka pasti bilang “ Mao kuliah ngambil yang pendidikan biar bisa jadi guru.” Kadang iseng-iseng gw nanya alasan mereka mao jadi guru… Dan loe mau tau apa??? Mayoritas dari mereka bilang “Jadi guru tuh enak. Hidupnya terjamin ntar.” Padahal kenyataannya belum tentu juga kan???
Gw awalnya juga gak pernah punya cita-cita jadi seorang guru. Tapi sekarang gw harus kuliah di fakultas bahasa sastra yang menuntut gw harus bisa ngajar. Bukan fakultas keguruan yang nantinya kalo lulus cuma bisa jadi guru doank sih, tapi fakultas yang lulusannya bisa jadi guru ato enggak. Jadi lebih fleksibel. Tapi tetep aja ntar gw juga harus praktek ngajar. Ngajar bahasa Inggris. Susah sih. Tapi itu tuntutan, jadi harus professional… Sebenernya kalo bukan karena disuruh keluarga, gw bakal kuliah di fakultas lain… Kayak geografi gitu… Tapi menyenangkan hati orang-tua dan keluarga itu jauh lebih baik daripada menyenangkan hati sendiri. Iya kan???


Tapi tetep aja… Jadi guru bukan sesuatu hal yang mudah. Ada quotation dari seseorang yang bilang “A good teacher is like a candle - it consumes itself to light the way for others.” Jadi seorang guru bukan hanya sekedar ngajar doank, tapi kita juga harus bisa melakukan apa yang kita ajarkan dan kita juga harus bisa jadi terang buat murid-murid kita. So, meskipun kita guru matematika, bahasa Inggris, atau whatever lah ya… Sikap, sifat dan kelakuan kita harus bisa jadi contoh yang baik buat murid-murid kita.
Apalagi kalo kita itu seorang guru agama/guru sekolah minggu. Wah… Susah banget… Kenapa gw bisa bilang begitu??? Karena gw ngalamin sendiri kalo ngajar sekolah minggu (hehehe.. gak bermaksud nyombong lho…) bukan hal yang mudah… Karena apa? Karena yang gw ajarin itu bukan sekedar teori biasa, tapi FIRMAN TUHAN… Jadi seandainya gw ngajar tapi gak bisa ngelakuin apa yang gw ajar (JARKONI) itu sama aja gw boonk donk… Makanya gw bisa bilang kalo jadi guru sekolah minggu itu susah... Tapi, itu semua bukan halangan bagi gw untuk terus maju ngajar Sekolah Minggu. Pokoknya Cintaku untuk mengenalkan anak-anak kepada Firman Tuhan jauh lebih besar. Weidannnn… Tapi bener lho. Makanya gw sering-sering berdoa ama Tuhan biar gw bisa ngelawan “perasaan-perasaan jahat” dalam hati gw… Wew… Maksudnya?? Ya begitu lah…
Susah kan jadi guru??? Heheheh… Tapi tetap semangat… Jangan pernah putus asa… Mau jadi apa bangsa ini kalo gak ada guru???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar