Kamis, 26 Juli 2012

Life Is An Adventure - Sundak in Memoriam

"PANTAI..."
Kalo gue sebut kata itu di depan loe, apa yang loe bayangin? 
"Bagian bawah rumah?" 
"Bukan... Itu mah LANTAI."
"Oooo... Yang suka dipake buat ngrangkeng anjing?"
"Bukan... Bukan... Itu RANTAI."
"Gue tau... Gue tau... Kata itu biasa dipake kalo ada orang ngamuk-ngamuk trus kita bilang PANTAI bos... PANTAI bos..."
"Bukkaaannnnn.... Itu SANTAI... "


Well, daripada tambah ngaco... Mending gue ambil suara aje yee... Pantai menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia itu adalah pesisir/ tepi laut/ perbatasan antara daratan dengan lautan. Kurang lebih begitulah pengertiannya. Sok geografis ya gue.. Maklum mantan anak Soksial ehhhh Sosial... :D Ngosbrol-ngosbrol soal pantai, gue punya beberapa pengalaman pergi ke pantai. Tapi di blog gue kali ini, gue bakalan nulis satu pengalaman di pantai yang lagi anget-angetnya soalnya baru terjadi akhir-akhir ini.

Pengalaman ini terjadi di tanggal 22-07-2012.
Ada apa dengan angka 22072012? Nah jadi ceritanya begini...
Gue yang merupakan manusia biasa dan kata orang sedikit aneh ini merupakan anggota sebuah persekutuan di gereja. Namanya Persekutuan Pemuda. Persekutuan Pemuda itu semacam kebaktian ato lebih gampangnya acara ibadah yang dilakukan oleh sekumpulan orang muda. Jadwal Pesekutuan itu hari Sabtu jam 17.00. Meskipun Persekutuan ini dilaksanakan nyaris di akhir pekan, tapi banyak juga yang sering bolos (termasuk ---> GUE). Hadehh berasa pengakuan dosa gue... Ya Tuhan ampunilah saya.

Okay, go back to the topic.
Nah di tanggal 22-07-2012, Pemuda (nama bekennya Persekutuan Pemuda) punya acara buat nyambut anak-anak remaja (jiahhh anak-anak... Berasa tua banget gue) yang bakalan jadi anggota Persekutuan ini. Nah acara penyambutan itu diadain di Jogja. Salah satu tempat tujuan utama adalah Pantai Sundak di daerah Wonosari kalo gue gak salah. Nah buat sampe ke Pantai Sundak itu, kite orang pada naek mobil dari Ambarawa. Lama perjalanan yang ditempuh kurang lebih 3.5 jam kalo gak salah. Gue kurang tau pastinya berapa soalnya di dalem mobil gue tidur meskipun pada kenyataannya gue gak bisa tidur. Pokoknya segituanlah waktunya. Beteweh, buat nyampe ke Pantai itu gak gampang lho. Butuh perjuangan keras. Pake bumbu pantat kemeng, bumbu kentut dari salah satu penumpang (read:Toni), bumbu kejedot kaca berkali-kali, bumbu kebelet pipis, dan salah satu lagi bumbu nyasar gara-gara si penunjuk jalan yang gak laen adalah Fredi galau, bimbang, resah dan gelisah mau pilih jalan yang mana. Hahahaha... Peace...

Okay, mari kita lanjut...
Nah sesampainya disana kite-kite pada makan pagi menjelang siang. Selesai makan, siap-siap buat ibadah di pantai. Sedikit demi sedikit, kaki gue mulai melangkahkan kaki menuju pantai. Sesampainya disana, warna biru kehijau-hijauan yang terbentang luas bikin gue takjub. Pasir putih yang sebenernya bukan warna putih tapi coklat muda menarik perhatian gue. Ombak yang saling mengejar satu sama lain bikin gue berdecak kagum + keinget film India yang seringnya pake adegan kejar-kejaran trus ngumpet di balik pohon kayak maen petak umpet. Semua keindahan alam ini gue temuin di situ... di pantai itu... Pantai Sundak... Di Bawen atopun Ambarawa kagak ada yang kayak beginian. Ya iyalah daerah pegunungan. Ada sihh... Namanya Danau Pening. Tapi beda total. Kagak ada pasirnya... Airnya bukan warna biru keijo-ijoan tapi ijo lumut... Dan satu lagi... Kagak ada ombak yang maen film India... :D Tapi Danau Pening kagak kalah keren kok... Suwerrr... Coba aja loe kesana... Hidup Danau Pening...!!! ^^d

Photo taken by Fredi
Waktu untuk berkagum-kagum pun diberhentikan sementara waktu. Salah satu pemudi mengajak kite-kite buat memulai ibadah waktu itu. Namanya Tabita Anis Putri Pratiwi. Tapi loe cukup panggil dia Puput soalnya itu nama bekennya. Ditemani sang gitaris yang tidak lain adalah kakak kandungnya sendiri, Puput yang merupakan pemimpin pujian pun memimpin pemuda-pemudi yang laen buat nyanyi. Weitzzz tunggu... Lagu-lagu yang dinyanyiin itu lagu-lagu rohani lho ya bukan lagu Dangdut.. Gak cuma nyanyi doang. Disana kita juga dengerin firman yang disampein sama salah satu pemuda, namanya Nugroho. Dengan tema "Life Is An Adventure", Nugroho membuat para pemuda-pemudi yang ndengerin melongoh, meresapi setiap kata yang diucapkan, merenung atas kehidupan yang pernah dilalui... :D Lebay banget gue... Ya pokoknya bagus dah firmannya. Lanjutkan!

Nah selesai firman, Ferdian -sang gitaris yang merangkap menjadi MC games- mengambil ancang-ancang untuk memulai permainan. Pertama-tama, semua peserta dibagi menjadi empat kelompok. Lalu dengan lihainya, sang MC games mulai memberikan instruksinya layaknya pemandu senam aerobik di tipi tipi... Hehhehe... Ampunn... Just kidding.. Instruksi diberikan secara jelas, detail, tajam, dan terpercaya meskipun gue perlu makan waktu 1 menit 35 detik untuk memahami apa yang dimaksud. Lalu permainan pun dimulai. Asli permainan pertama itu buat gue bener-bener menjebak. Kalo loe pernah nyoba olahraga yang lompat balok dulu di sekolah, loe pasti tau permainannya. Jadi permainannya itu kita ngelompatin orang lain, tapi yang dilompatin itu kakinya kagak boleh nekuk. Wahhh... Kalo nglompatin orang yang panjang kakinya itu ukurannya kecil kagak masalah, tapi kalo yang ukurannya besar.... lumayan ribet buat dilompatin.

Photo taken by Fredi
Pada saat permainan ini berlangsung, gue berasa diajak mikir dua kali soal kaki gue. Banyak orang bilang kalo kaki panjang itu bagus tapi permainan ini bikin gue stress, frustasi, galau dan bimbang... :D Kalo situasinya kayak begini apa masih bisa bagus?? (Ehhh... Tapi gue bersyukur banget punya kaki panjang... ^^d) Temen-temen gue pada kesulitan buat ngelompatin gue. Bermacam-macam kalimat diucapkan pada saat permainan berlangsung.
Ada yang bilang, "Turun meneh Vi... Turun meneh..."
Apa daya gue cuma bisa bilang "Ini udah pol gak bisa turun lagi..."
Ada juga yang bilang, "Kakimu gak bisa lebih pendek lagi Vi?"
Mendengar pertanyaan ini, gue mikir cari strategi buat mecahin masalah ini seraya menjawab pertanyaan itu di dalam hati, "Tanyakanlah hal itu pada Tuhan."

Pada saat itu pikiran gue serasa dibekukan buat mikir strategi gimana caranya biar gue bisa nunduk dengan posisi yang rendah serendah mungkin. Alhasil gue tekuk aja dah beberapa kali itu kaki yang penting pada bisa lompat... Heheheheh... Tapi meskipun permainan ini membuat napas terengah-engah dan langkah tertatih-tatih, banyak pesan yang terkandung di dalamnya. Ferdian -Sang MC games- curhat (read:berkata) bahwa permainan ini membutuhkan kerja sama. Ibaratnya dalam permainan ini, kita harus bisa mengalahkan idealisme dalam diri kita agar kita tidak menghambat orang lain untuk maju ke posisi selanjutnya. Begitu juga dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak boleh egois dan hanya memikirkan diri kita sendiri karena itu dapat menghambat orang lain untuk maju... Kurang lebih begitulah amanat dari game ini.

Photo taken by Fredi
Setelah game pertama ini, sang MC pun memimpin game kedua. Di game kedua ini, semua peserta diajak untuk berimajinasi layaknya tokoh kartun Spongebob yang gemar berimajinasi. Kenapa berimajinasi? Karena game kedua menantang semua peserta untuk menggambar diatas pasir laut. Game kedua ini jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan game pertama. Ada makna terselip di balik game ini. Tapi gue lupa apa maknanya... :D Tanyakanlah pada Ferdian jika mau tau jawabannya... Hahahah...

Photo taken by Fredi
Taken by Fredi
Well, setelah kedua games ini dimainkan, sang MC games meminta semua pemuda-pemudi untuk saling bergandengan tangan dalam kelompok yang sudah dibentuk seraya menutup mata. Suasana berubah hening. Semua suara canda tawa yang muncul pun menghilang dalam sekejab. Yang terdengar hanyalah suara angin berhembus, suara ombak yang saling menghantam satu sama lain, dan suara "cekrak cekrek" dari kamera Fredi -sang photographer-. Keheningan singkat itu seraya membawa semua pemuda-pemudi ke dalam sebuah kesunyian. Kalimat-kalimat bijak yang dikeluarkan oleh sang MC memecah kesunyian itu seraya menghujam jantung setiap para pemuda-pemudi yang berada disitu (Hasyahhh apa coba??). Ketika semua ini selesai dilakukan, Chery -sang ketua Pemuda- menutup dengan doa. Doa pun selesai dipanjatkan. Sang MC kembali meminta semua pemuda berdiri menghadap pantai dan bergandengan tangan satu sama lain. Kali ini pikiran gue pun mulai memainkan sebuah lagu yang menjadi soundtrack pembuka film Meteor Garden. :D Semua acara di pantai (mulai dari ibadah, games, poto-poto sama cebur-ceburan layaknya sinetron di tipi-tipi) itu pun berhasil dilakukan, dan hal itu mengisyaratkan gue sama temen-temen gue buat beranjak pergi dari situ.
 
Photo taken by Fredi
Pengalaman hidup setiap orang pasti beda-beda. Well, itulah sekilas tentang pengalaman gue di pantai Sundak. Gue nemu pengalaman baik disana. Mungkin beberapa di antara loe udah ada yang pernah ke pantai itu atau mungkin pantai-pantai lain. Dan mungkin beberapa diantara loe punya pengalaman yang sama kayak gue atau mungkin sebaliknya. Beribu macam peristiwa dan pengalaman berbeda kita temuin dalam hidup ini. Well, that is life, and it is like an adventure. Pada saat hidup, kita itu kayak lagi berpertualang. Dalam berpetualang, banyak pilihan yang diberikan makanya kita harus sebijak mungkin menentukan pilihan itu. Banyak juga tantangan yang dihadepin, tapi kita harus bertahan buat nglewatin tantangan itu. Be wise and be strong, friends! JBU

4 komentar:

  1. kereen,,,, Mc aeorobik ya???
    joss,, secara badan gue emang Sixpack hahahaha

    lagi lagi kata kata "tertatih tatih" muncul,, sepertinya ini menjadi ciri khas Blog Ibu via hahahahaha

    BalasHapus
  2. Makasih makasih...
    Hahahah... Mengakui jadi MC aerobik...

    Istilah "tertatih-tatih" itu pinjeman... Besok nyari yang laen ahhh...

    BalasHapus
  3. waw.. ceritane seru vi..! wokwokwok.. kapan-kapan ngajak aku yah.. :D

    BalasHapus
  4. Hahaha...
    Makasih makasih...
    Tahun depan ada acara penyambutan lagi... #soktau
    Ikut aja... :D

    BalasHapus