Selasa, 24 Juli 2012

Sial Gak Ya?

23072012
Suatu kombinasi angka yang cukup complicated dan cukup membuat hidup gue terlihat sedikit complicated.

Banyak orang bilang kalo bangun pagi itu sehat. Tapi buat gue di tanggal 23-07-2012, bangun pagi bukanlah hal baik. Setelah tanggal 22-07-2012, tidur nyenyak dan bangun siang adalah hal yang bisa dikatakan lumayan baik.. heheheh.. Soalnya tanggal 22-07-2012, gue ada acara di Jogja dan secara otomatis, gue harus merelakan tubuh gue buat memaksakan diri gue tidur diatas kursi mobil selama berjam-jam meskipun hasilnya gue gak bisa tidur. Eitsss... Tapi meskipun capek, acaranya bisa dikatakan asik lah buat anak-anak muda. :D


Okay, let's go back to tanggal 23.
Pagi ini (lebih tepatnya pagi yang mendekati siang) pukul 08.30, gue bangkit dari alam mimpi. Jujur sebenernya rasa puas untuk tidur belom tercapai, tapi apa daya, gue udah bikin janji sama temen-temen buat ke kampus. Habis bangun tidur, ya pastinya beresin kamar tidur sama persiapan buat ke kampus. Hmm... Sebenernya gue ada janji jam 09.00 sama temen-temen. Tapi seperti biasa, gue nelat. Heheheh... "Nelat" itu udah hampir jadi rutinitas gue, makanya temen-temen pada kagak heran kalo gue dateng telat. Mereka malah heran kalo gue berangkatnya lebih awal. Hahahah... Kebiasaan buruk ini memang harus segera diubah.

Well, let's go back to the topic.
Sesampainya di gerbang kampus, gue menuju satu lokasi yang udah gak asing lagi buat gue singgahi --->> gedung F lantai 3 depan kamar mandi. Itu lokasi yang bisa dibilang cukup favorit buat gue ama temen-temen gue buat nongkrong. :D Banyak orang bilang, kalo mejeng itu cari tempat yang enak, wangi, nyaman tapiiii buat gue sama temen-temen, depan kamar mandi lantai 3 gedung F itu udah bisa memberikan kenyamanan dan kebahagian tersendiri (boong banget ya gue :D) soalnya di tempat itu ada tancepan listrik + sinyal Wi-Fi kampus juga cukup kuat disitu. So, gue sama temen-temen bakalan betah dah nangkring di sono buat DL (Download) sama OL sampe-sampe nih ya kite orang pada ngalangin jalan orang yang mau ke kamar mandi. :D


Cecek -the Queen of Download-
Oke sesampainya di lokasi permejengan, gue langsung nodong salah satu temen yang namanya Novince Fatima Puspitaria tapi cukup panggil dia Cecak... ehhh Cecek.. :P Cecek merupakan salah satu mahasiswi FBS 2009 yang bisa dicalonkan sebagai "Duta Download" atau "Queen of Download" hahahhaha... Dia mah doyan banget nongkrong di depan laptop berjam-jam buat download film, video, ato lagu-lagu apalagi yang berbau Korea. Beuhhh... Coba aja loe tanya ke dia semua pertanyaan yang ada bau korea nya pasti dia bisa jawab... Coba tanya sejarah korea pasti dia juga bisa jawab (kayaknya :D)... Pokoknya maniak lah... Makanya sampe disana gue langsung nodong film korea ke dia. Eitzzz, tunggu jangan salah paham. Gue minta film korea bukan karena gue "Korea Maniak" ato lagi jatuh cinta jadi suka nonton film-film begituan (kata temen-temen gue kalo suka nonton film drama korea berarti lagi jatuh cinta), tapi selama liburan ini gue bingung mau ngapain. Jadinya, gue minta aja film buat ditonton selama liburan dan ternyata kebanyakan temen gue punyanya korea... Ya udah deh...

BT
Sembari gue transaksi film + game sama Cecek dan Inggit (nama panjang = Inggit Octavia), gue buka FB. Dan ternyata tiba-tiba ada sesosok manusia mencorat-coret kotak chatnya yang tersalurkan ke kotak chat gue. Manusia itu adalah Kanjeng Prabu Ferdian Rastafara. Nama aslinya sih Timotius Ferdian Prihatmoko kalo gak salah. Kenapa namanya pake Kanjeng? Prabu? Rastafara? Gue juga kagak tau. Sampe sekarang gue juga masih have no idea kenapa dia pake nama itu. Kenapa gak bikin nama-nama yang lagi nge-trend saat ini kayak SiPangerandtFerdianClaluCeriaWalopunDckitie??? Hahahha... Peace... Just kidding. Melalui kotak chat itu, BT (merupakan nama panggilan Ferdian) mulai mempromosikan salah satu Social Network bikinan anak Semarang yang namanya 3voz. Anak bangsa Indonesia sangar-sangar ya ternyata bisa bikin begituan. Gak kalah sama anak luar. Hidup Indonesia!! 

Diiringi tawa, canda, dan cerita, transaksi film beserta proses mendownload terus berlanjut. Tiba-tiba tercetuslah dalam pikiran gue untuk bergabung dengan salah satu situs jejaring sosial yang juga beken di antara kawula muda. Namanya "Twitter". Hadehhh ndeso banget ya gue, hari gini baru join twitter. Ini juga kalo gak karena dihasut temen-temen gak bakalan join deh.. Gak apa-apa, biar telat yang penting gue udah pernah kenalan yang sama yang namanya "Twitter". Join ya di @Tayl21 :P #promosi

Ningrum paling kiri
Dian
Waktu terus bergulir. Sampe akhirnya jarum jam mengarah ke angka 03.30 kalo gak salah. Gue, Inggit, Cecek, Meykke, Dian pun memutuskan buat pulang. Sebenernya ada Croti (nama asli = Ningrum) dan Tuink (nama asli = Nurul), tapi mereka uda pulang lebih dulu jadi tersisalah 5 serigala terakhir penunggu toilet. :D Kebetulan gue, Inggit, sama Meykke punya jalur pulang yang hampir searah, makanya kita bertiga pulang bareng. Nunggu bis juga bareng. Cuma naek bisnya beda-beda. Meykke naek bis jurusan Ambarawa, Inggit naek mini bus arah Ungaran sedangkan gue fleksible mau naek apa aja asal arahnya menuju Semarang, tapi hari ini gua lebih prefer buat naek kendaraan yang banyak orang sini bilang "Isuzu" atau "Prona".
Meykke -  Inggit


Loe pasti pada bertanya-tanya ya kok judul tulisan gue ini gak nyambung sama cerita gue?? Well semua berawal dari sini... Jadi begini...

Nurul
Hari ini tanggal 23-07-2012 tepatnya hari Senin, gue ada latihan gitar jam 16.45 di gereja. Biasanya sebelum berangkat latihan, gue send SMS ke temen-temen latihan yang gak lain adalah murid Sekolah Minggu gue sendiri (well biarpun aneh, gue ini guru lho :P) buat mastiin bener-bener ada latihan ato kagak. Biasanya dibales lho. Tapi entah kenapa gue sms berkali-kali, tapi kagak ada yang nge-bales. Akhirnya, gue mutusin buat mandi dulu. Setelah mandi dan uda selesai rapi-rapi badan, gue nyoba nge-send SMS ke temen-temen lagi. Tapi masih gak ada jawaban. Tiba-tiba terdengar bunyi suara aneh dari perut gue "Krucuk krucuk"... Kurang lebih begitulah bunyinya. Asliii... Gue kelaperan. Maklum gue belom makan siang. Di kampus juga gak mungkin ngajak temen gue jajan soalnya mereka Muslim jadi beberapa pada puasa meskipun ada yang kagak. Because of that, gue menuju dapur. Seperti kucing kelaparan yang tertatih-tatih mencari ikan, begitulah gue waktu nyari makanan kecil yang bisa gue pake buat ngganjel perut sebelum latihan. Makanan kecil pun ditemukan. Sembari menguyah makanan tersebut, gue kembali melangkah menuju ruang tamu buat ngecheck HP, siapa tau uda dibales. Ternyata masih belum ada balesan.

Waktu terus berjalan dan menunjukkan pukul 16.35. Akhirnya tanpa pikir panjang gue langsung ngirim SMS ke pelatih gitarnya. Beberapa menit kemudian, sang pelatih membalas dengan satu huruf "Y" dan itu berarti hari ini ada latihan gitar. Dengan napas terengah-engah karena belom minum air putih setelah menghabiskan makanan kecil itu, gue langsung ngambil langkah 10.000 bergegas menuju gerbang rumah dan nyebrang untuk menyegat angkot. Lama menunggu, waktu menunjukkan pukul 16.45, para angkot/prona/isuzu pun belum terlihat. "Well, telat lagi. Gak apa-apa lah yang penting dateng dan telatnya gak lama," gue mbatin. Para kendaraan umum yang ditunggu-tunggu pun kagak datang. 
Ehhh tiba-tiba ada sesosok bapak-bapak bermata agak sipit berkulit putih manggil gue.
"Dek dek... Lagi bawa HP ya?" 
Dengan muka polos dan bingung tapi ngangenin hehe, gue nengok sambil jawab "Iya, Pak. Ada apa ya?"
Bapak menjawab, "Saya boleh minta tolong gak dek? Tolong cek pulsa adek berapa. Terus kalo lumayan banyak, saya pinjem HP adek buat telfon soalnya HP saya ketinggalan. Saya mau telfon temen saya. Nanti saya ganti pake uang."

Awalnya gue agak takut, soalnya temen-temen gue juga banyak yang ketipu sama orang-orang yang kayak begini. Mereka dimintain tolong tapi HPnya malah dibawa kabur. Di berita-berita juga banyak yang kehipnotis trus dirampok. Gue deg-degan. Tapi gue kagak tega sama bapak ini. Kasian banget. Pasti kebingungan banget tuh bapak. Akhirnya gue nyoba buat ngecek pulsa, dan sayang banget pulsa gue cuma 601 rupiah. Alamakkkk gak pas banget situasinya.

Dengan berat hati, gue bilang ke bapak itu nominal pulsa gue "Yah Pak cuma 601 rupiah."
Sang bapak agak sedikit kecewa dan meragukan kejujuran gue... Suwerrr kagak enak banget gue.

Akhirnya gue coba missed call ke nomor sang bapak meskipun gue tau ini bakalan gagal, gue pasang loud speaker juga biar sang bapak percaya. Dan sang bapak pun percaya. Pada akhirnya sang bapak mengucapkan terima kasih, gue pun nyaranin si bapak buat pergi ke wartel deket situ. Tapi suwerrr kagak enak banget gue sama itu bapak. Gue minta maaf ke bapak itu. Kok ya pulsa gue habis pada saat-saat gue mau nolong orang. Hadehhhh sorry ya pak.

Setelah sang bapak pergi, gue kembali teringat dengan latihan gitar di gereja. Astaga waktu menunjukkan pukul 17.05. Gue telat banget. Angkot pun kagak ada yang lewat. Sebenernya tadi waktu gue diajak ngomong sama bapak itu, udah ada 3 angkot/prona yang lewat persis di depan gue, tapi gue bener-bener kagak mungkin ninggalin bapak itu. Generasi muda macam apa gue kalo ninggalin itu bapak yang lagi kesulitan?? Dengan sabar gue nunggu, sang pelatih pun ngirim SMS dan nanyain soal list lagu yang bakalan dipake buat acara hari minggu besok. Gue bales sms itu dan tiba-tiba prona yang ditunggu dateng, kali ini kagak ada kondekturnya. Gue pun mutusin buat naek. Prona pun ngetem selama beberapa menit. Dengan sabar dan gelisah, gue nunggu aksi pengeteman sang supir.

Lalu, prona pun jalan. Gue mulai seneng tapi tiba-tiba sang supir mengarahkan angkotnya ke jalan baru untuk muter sejenak. Well, gue ikutin permainan sang supir. Prona pun mulai melaju kencang. Gue tersenyum :) Tiba-tiba ketika sang prona mencapai daerah sekitar maju mapan Ambarawa, sang supir curhat (read:berbicara) menggunakan bahasa Jawa. Well, yang gue mudeng dari apa yang sang supir bilang cuma "jalan menuju Pasar Projo ditutup", selebihnya gue nyerah. Maklum meskipun udah cukup lama tinggal di Jawa Tengah tapi bahasa Jawa gue masih "Poor" :D. Jadi kalo ada orang ngomong pake bahasa Jawa, gue cuma bilang iya iya doang, maksudnya apa tinggal dipikir belakangan :D. Prona pun dikendarai melewati jalan kecil yang gue sendiri kagak tau apa nama daerahnya. Dengan tenang, gue mencoba mengikuti apa mau sang supir. Ternyata prona pun tanpa gue sadari nembus ke daerah namanya Kupang Lor dan berhenti persis di depan Pasar Projo.

Dengan tanpa dosa, sang supir pun meyuruh semua penumpang turun seraya berkata "Habis habis". Dengan berat hati, gue langkahkan kaki turun dari prona itu. Gak ada lagi yang bisa gue lakuin. Waktu udah nunjukin pukul 17.25. Gue harus buru-buru sampe ke gereja sebelum latihan selesai. Dengan nafas terengal-engal, hati dag dig dug, muka pucat, langkah tertatih-tatih, gue berlari mengambil langkah seribu. Seraya berlari, pikiran gue pun mulai memainkan sebuah lagu sebagai soundtrack gue hari ini "Mengejar Matahari by Ari Lasso". Langkah gue pun gue percepat. Sampai akhirnya gue nyaris deket Laris Lama. Tapiiiiii... Tiba-tiba ada yang nglempar secuil kertas ke arah gue dan hebatnya kertas itu ngeluarin bunyi "Terrrrrr"... Gileeee gue dilempar petasan sama anak kecil... Sang anak beserta orang tuanya hanya tertawa ngeliat gue sambil bilang "Tuh kamu mbaknya jadi kaget kan." Gue kaget... Shocked... Seumur-umur kagak pernah ada yang menyambut gue pake petasan. Gue gak bisa lama-lama disana, waktu terus berjalan. Gue cuma kasih senyum terus pergi berlari sambil menunduk melihat kecepatan kaki gue. 

Lalu di depan apotik deket gereja, ada sesosok wanita memberikan senyuman seraya berkata "Via list nama anak-anak yang lulus kasihkan aku paling lambat hari kamis ya. Nama lengkap." Gue masih belom nyadar siapa yang ngajak ngomong gue waktu itu. 3... 2... 1... Ternyata mbak Ambar, rekan sekerja di Sekolah Minggu.

Gue nyahut, "Iya mbak. Sek duluan ya mbak."
Dan pada akhirnya gue sampai di gereja, dan ternyata gue udah ketinggalan tiga lagu waktu latihan. Well gak apa-apa masih ada empat lagu lagi. Hahahah...
Di tengah-tengah latihan, salah satu murid ngomong ke gue, "Huuuu... Opo ki kak Via telatan. Jadi guru kok telat. Mentang-mentang wingi bar ke Jogja saiki telat."
Hmmppphhh... Makjleb... Muridku kritis banget... Gue tertohok ketika mendengar ucapan tersebut. Malu rasanya jadi guru tapi belum bisa jadi contoh yang bener-bener baik. Gue yang hanyalah manusia biasa penuh dosa mencoba menjelaskan duduk perkara yang sebenarnya terjadi seraya meminta maaf. Sang murid pun memahami apa yang gue maksud. Untunglah :D

Latihan yang buat gue singkat tapi gak buat murid-murid gue pun berlalu. Gue pun bergegas pulang. Sebelum pulang gue dan salah satu murid bergegas menuju warung untuk membeli sesuatu yang manis sebagai penambah tenaga. :D Empat batang (batang???) Choki-Choki gue beli buat gue sama murid gue. Di dalam bis, gue ngemut Choki tersebut dengan lahap. Sang ibu yang duduk disebelah mengernyitkan dahi seraya menatap dengan heran + takjub. Gue mah cuek aja. Enak kok ya wajib dinikmati daripada kelaperan... :D Turun dari angkot, gue melangkahkan kaki menuju rumah. Ehhh... Karena gelap kesandung...

Well, apakah ini bisa disebut "sial"? Apakah hari ini adalah hari yang "sial" buat gue? Mmm... Mungkin beberapa di antara loe juga ada yang ngalamin hal-hal kayak gue atau mungkin lebih parah. Dan mungkin pada saat itu loe berpendapat kalo loe ketiban sial dan hari itu adalah hari sial buat loe. Tapi kalo gue boleh bilang, buat gue semua hari itu istimewa (jiahhhh CherryBelle dong :D). Tapi bener kok. Ada sebuah quotation dari Bill Keane yang bilang kalo "Yesterday’s the past, tomorrow’s the future, but today is a gift. That’s  why it’s called the present."  

So, you don't have to be sad or regret what you experienced on that day because everyday is a gift. Hidup kita itu bagaikan pelangi. Macam-macam peristiwa kita temui, tapi itulah yang membuat hidup kita berwarna. Live your life happily!

4 komentar:

  1. wuwwww....kau mencomot pembendaharaan katakuuu:p
    ada tertatih tatih tuuu...hahaha, good job vi keep writiiiiiing!! jangna cum nulis puisi galau cinta tak tersampaikan muluuu, gini kek sering2..:P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah...
      "Tertatih-tatih" ternyata bagus juga kalo dimasukkin dalam blog...
      Makanya aku pinjam... Hahahahahha

      Puisi galau mesti... -_____-"
      Gak apa-apa lah yang penting puisi... Wakakkakak

      Hapus
  2. wakakakakak,, sial nama Gua dijadikan nama alayyyyy

    BalasHapus
  3. Hahahaha...
    Kan nama "alay" lagi nge-trend di antara kawula muda saat ini...

    BalasHapus